Perawatan pisau dapur - Masakan Rumah

Tips: Merawat pisau dapur

  masakanrumah   Mar 05, 2014   Tips   1 Comment

Bagi Anda yang suka memasak di dapur, tentu setuju bahwa pisau dapur memiliki dunia nya sendiri. Seperti penggemar photography, tentu akan berhubungan dengan lensa, model kamera serta perawatan nya.
Tidak berbeda dengan penggemar masak dan para tukang masak professional, pisau dapur juga memiliki “dunia” nya sendiri. Pengetahuan tentang pisau dapur memiliki seni dan skills sendiri, terutama bagi yang sudah memiliki jam terbang tinggi memasak di dapur, tentu pisau dapur merupakan “Soulmate” seorang tukang masak. Tak pelak lagi, pisau dapur adalah tool paling penting sehingga banyak produsen yang khusus membuat pisau dengan harga dan kualitas yang fantastis.

Bagi saya sendiri, skill pisau dapur membutuhkan waktu untuk dipelajari, mulai dari pemilihan pisau, perawatan, penggunaan dan cara menajamkan nya. Hal-hal yang mungkin sepele seperti mengupas bawang, kentang akan terasa lebih fun jika menggunakan pisau yang tepat. Sangat membosankan bekerja di dapur dengan pisau yang tumpul, berat dan durability yang tidak cocok. Coba saja mengupas bawang dengan butcher knife, tentu gak tepat bukan? Pengalaman memasak di dapur akan lebih fun, cepat dan mudah dengan pisau yang tajam dan tepat. Ingat, seni memasak adalah sebuah disiplin ilmu “crafting”.

Bahaya pisau yang tumpul
Jangan sangka pisau yang tajam itu berbahaya, justru pisau yang tumpul lah yang lebih beresiko. Kenapa? Karena kita cenderung menggunakan tenaga yang berlebihan ketika frustasi menggunakan pisau yang tumpul. Resiko pisau tergelincir dan melukai tubuh sangat mungkin terjadi. Sedangkan pisau yang tajam tidak membutuhkan tenaga yang besar, (ketika memotong kentang, misalnya). Menggunakan pisau yang tumpul sangat membuat frustasi dan merusak mood memasak. Jadi jangan lupa pastikan pisau Anda sudah tajam sebelum mulai memasak.

Crafting dengan pisau yang tajam
Tentunya pisau yang tajam juga membuat makanan lebih menarik dan yummy. Potongan dapat dibuat dan kita dapat berkreasi dengan bermacam bentuk. Cobalah iris bawang dengan bentuk dadu, atau memotong kentang pipih dan serong. Hasil potongan juga lebih halus dan tentu akan lebih mengundang selera.

Tipe pisau dapur
Pisau dapur memiliki bermacam tipe dan merek tentunya, tapi yang harus ada di setiap dapur adalah tipe chef knife. Macam-macam pisau dapur dan kegunaan nya dapat dilihat disini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berat dan balance
Berhati-hati sebelum membeli pisau dapur, jangan sampai salah pilih. Produsen membuat pisau dapur dengan berat dan balance yang berbeda-beda. Pisau dapur yang terlalu berat pasti membuat tangan Anda capek dan jadi gak mood memasak. Sebaliknya pisau yang terlalu ringan tentu nya tidak memiliki power untuk kegiatan memasak. Ideal nya Saya memakai pisau chef knife dengan berat antara 100-200 Gr. Lebih dari ini tentunya bikin tangan capek di dapur.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Knife sharpener
Untuk menajamkan pisau, Saya rekomendasi memakai sharpener knife yang memiliki 2 fungsi, yakni menajamkan dan menghaluskan ujung pisau. Cara mengasah nya pun harus konsisten angle nya. Untuk alat ini, hindari pemakaian di dekat air (usahakan selalu kering). Biasanya pisau Saya asah seminggu sekali agar tetap tajam dan dilap dengan kain kering sebelum di simpan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terakhir, rawatlah pisau dapur dengan baik. Pisau yang terawat akan mempermudah dan menambah mood masak tetap OK. Sangat menyebalkan bila memulai memasak dengan pisau yang kotor dan tumpul.

Harga bukan lah penentu akhir, banyak pisau dengan harga terjangkau dengan kualitas bagus dipasaran, yang penting dirawat dan diasah secara berkala, bila ada karat dapat dibersihkan dengan penghilang karat. Mitos pisau murah itu gampang tumpul sebenarnya tidak 100% benar. Tapi bila Anda suka koleksi, gak ada salah nya juga beli pisau mahal asal ada duit nya:D

Berikut penampakan cooking knives sementara yang Saya punya (harga murah tapi selalu tajam) 😀

ABOUT AUTHOR
avatar

masakanrumah

Saya suka bereksperimen dengan masakan dan bumbu-bumbu eksotik Indonesia, website ini saya dedikasikan untuk pecinta masakan Indonesia

One Comment

  1. avatar
    kitchen set di bali Says: May 20, 2014 8:04 am Reply

    good post tips merapat pisau dapur 🙂

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*